Jalankan Bisnis Di Masa Pandemi, Gunakan Aplikasi Akuntansi Agar Bisnis Anda Tetap Efektif dan Produktif.

Masa pandemi mungkin membuat Anda sedikit mengalami perubahan dari bagaimana Anda melakukan bisnis. Banyak hal yang harus disesuaikan agar bisnis Anda tetap berjalan dan tetap produkfif menyelesaikan aktifitas rutin yang ada. Bekerja dengan sistem jarak jauh (Work From Home) menjadi cara terbaru bagi banyak usaha agar tetap aktif dalam masa pandemi ini.

Agar mempermudah penyelesaian tugas dengen sistem kerja jarak jauh seperti ini banyak perusahaan menggunakan berbagai macam alat (tools) kerja agar tugas dapat diselesaikan dengan efektif dan tepat waktu. Begitu juga dengan tugas pada bagian keuangan seperti pencatatan pembukuan dan transaksi harian. Salah satu alat yang dapat mempermudah pekerjaan pembukuan dan pencatatan adalah menggunakan software akuntansi.

Bagaiman cara mencari software akutansi yang bagus untuk pilihan bisnis yang akan kita jalankan sering menjadi pertanyaan banyak pebisnis karena setiap software akutansi memiliki keunggulannya masing – masing. Software akutansi ini merupakan salah satu perangkat lunak yang paling sering digunakan untuk menjalankan bisnis apapun. Pasalnya tidak ada bisnis yang tidak mengelola keuangan dan manajemen keuangan, maka dari itu software akutansi ini sangat dibutuhkan.

Software akuntansi ini bukan hanya untuk pembayaran ke supplier atau hanya sebagai pembuatan faktur untuk klien, tetapi masih ada banyak lagi seperti pengelolaan pajak, rekonsiliasi bank ,pengelolaan utang dan piutang serta masih banyak lagi.

Sebelum memilih software akiutansi yang bagus alangkah baiknya jika kita mengetahui bagaimana cara memilih software akutansi yang bisa jadi pilihan untuk menjalankan bisnis Anda. Ada 2 (dua) hal yang harus Anda pertimbangakan yaitu kebutuhan dan anggaran yang anda butuhkan dalam menjalankan bisnis Anda. Karena semakin banyak dan kompleks kebutuhan bisnis yang Anda jalani maka semakin banyak juga fitur software akutansi yang akan Anda butuhkan. Dari segi ukuran bisnis dan jumlah karyawan yang akan Anda pekerjakan juga dapat menjadi faktor yang perlu Anda pertimbangkan dengan perhitungan yang sangat akurat, agar tidak terjadi kesalahan dalam perjalanan bisnis Anda.

Berikut adalah rekomendasi software yang bagus untuk bisnis Anda:

  • Jurnal.id

Jurnal.id adalah salah satu software akuntansi online yang cukup banyak digunakan  berbagai macam industri dan cocok digunakan untuk bisnis bersekala kecil hingga besar. Software Jurnal.id ini menyediakan beberapa fitur penting seperti laporan lengkap dan real – time, pembuatan manufaktur, pencatatan biaya, pelacakan persediaan, dan managemen aset. Jurnal.id menyediakan beberapa paket berlangganan mulai dari paket  Basic hingga Enterprise. Anda dapat memilih paket sesuai dengan kebutuhan pencatatan usaha Anda, jika anda membutuhkan fitur lengkap dan beberapa pengguna aktif maka paket Enterprise cocok untuk Anda gunakan.

  • Zahir

Software Zahir ini merupakan software tertua didunia akutansi di Indonesia yang sudah banyak melayani berbagai jenis bisnis. Jenis paket yang ditawarkan oleh Zahir Accounting ini yaitu Zahir Online bergerak di bidang jasa dan manufaktur, Zahir Essential bergerak di bidang perdaganagn dan distribusi, Zahir Profesional yang bergerak di bidang kontraktor dan produsen, Zahir Enterprise biasanya direkomendasikan untuk perusahaan – perusahaan besar, dan Zahir On Primise biasanya digunakan untuk perusahaan besar dan menengah.

Software Zahir ini juga memiliki fitur adalan untuk bisnis kecil dan menengah yaitu manajemen penjualan, manajemen pembelian, pembayaran utang dan piutang, serta manajemen kas. Selain itu Zahir juga menawarkan fitur – fitur yang mencakup persediaan, pengelolaan warehouse, dan manajemen aset.

  • Accurate

Software Accurate ini menawarkan 2 (dua) paket yakni Accurate Online dan Accurate 5 Desktop. Accurate Online diperuntukan kepada pelanggan yang ingin berlangganan setiap bulan dan menyimpan data mereka ke system cloud. Sedangkan Accurate 5 Desktop diperuntukan bagi mereka yang ingin membeli software untuk data pribadi mereka sendiri.

Software ini lebih cocok digunakan untuk system pembukuan teapi software ini juga dapat digunakan untuk penjualan.

  • SAP

Fitur utama yang dimiliki oleh software ini ialah pembuatan laporan yang sangat real – time ,manajement utang dan piutang ,manajemen kredit, perencanaan keuangan, dan management anggaran. SAP juga tidak kalah bagus dengan software EQUIP karena software ini jug amemiliki alap pelaporan yng canggih dan mudahkan perusahaan untuk memprediksi pendapatan dan pengeluaran yang meraka dimasa yang akan datang. Software SAP ini sangat cocok digunakna untuk perusahaan – perusahaan bersekala besar.

Tags: