Cara Cepat Membaca dan Memahami Laporan Keuangan, Lakukan Agar Tidak Salah Dalam Mengambil Keputusan!

Laporan keuangan merupakan media informasi yang sangat penting untuk mengambil keputusan yang berhubungan dengan posisi finansial perusahaan. Biasanya laporan keuangan dibuat berdasarkan pada periode – periode tertentu.

Sebagai seorang yang menjalankan bisnis anda harus bisa memahami data atau informasi yang berkaitan dengan kinerja perushaan yang sedang anda jalani. Karena apabila anda sampai salah mengartikan atau anda salah dalam memahami suatu informasi maka resiko kegagalan yang akan anda alami akan cukup besar.

Dalam pengambilan keputusan ada beberapa jenis laporan yang biasanya menjadi rujukan anda, beberapa diantaranya yaitu laporan laba rugi (income statement), laporan neraca (balance sheet), laporan perubahan modal (the statement of shareholder’s equity) ,dan laporan kas (cash flow statement).

Untuk dapat memahami laporan keuangan dengan mudah, anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Membaca Laporan Neraca (Balance sheet)

Dalam pembacaan laporan neraca biasanya terdiri dari 3 (tiga) unsur, yaitu asset, hutang dan modal. Ada hal yang perlu anda perhatikan dalam membaca laporan neraca antara lain:

  • Akun aset

Pada akun aset ini biasanya anda harus sangat memperhatikan kas yang dimiliki serta besaran  operasional perusahan dengan cara mengecek catatan – catatan. Seperti kas, hutang dll.

  • Akun hutang

Pada akun hutang ini ada hal yang harus anda perhatikan yaitu anda mempunyai hutang bank atau tidak. Nah biasanya pada akun hutang ini dibedakan berdasarkan jangka waktu, yaitu jangka panjang dan jangka pendek.

Jangka waktu panjang biasanya timbul apabila perusahaan yang anda jalankan membutuhkan dana lebih. Sedangkan, pada jangka pendek biasanya jangka pelunasan hutang dalam waktu yang sudah ada dilaporan neraca.

  • Modal

Dimodal ini anda harus memperhitungkan berapa modal yang akan gunakan dan berapa modal yang akan dapatkan sebagai pemilik saham dengan modal yang sudah anda distribusikan.

  • Membaca laporan laba rugi (Income statement)

Anda juga harus memperhatikan laporan laba rugi dengan benar karena pada laporan laba rugi memuat informasi tentang berapa jumlah pendapatkan yang akan anda dapatkan, berapa biaya yang anda keluarkan dalam suatu periode tertentu dan biasanay laba rugi akan dikelurkan setiap setahun sekali, yaitu pada akhir tahun pembukuan.

  • Laporan arus kas (Cash Flow Statement)

Pada laporan arus kas ini yaitu membahas tentang adanya dana yang keluar masuk dalam perushaan. Karena laporan kas sangat berguna untuk meniali sejauh mana kemampuan perusahaan yang anda jalankan dalam menghasilkan kas dan membandingakn kondisi saat ini dengan kondisi yang akan dating.

  • Laporan perubahan modal

Nah pada laporan prubahan ini biasanya menjelaskan tentang perubahan pergerakan modal dalam suatu priode. Pada perubahan modal ini biasnya dipengaruhi oleh beberapa komponen seperti saldo awal, laba rugi bersih ,saldo akhir ,dan , prive atau penariakan biaya owner yang biasanya diguankan untuk biaya luar operasional kantor ataupun pribadi.

Beberapa hal tadi merupakan dasar-dasar yang harus anda pahami jika anda ingin mengetahui bagaimana kondisi perusahaan anda berdasarkan laporan keuangan yang ada. Tertarik untuk megetahui lebih lanjut megenai laporan keuangan? Silahkan hubungi tim kami di sini. Temukan berita serta informasi lainnya mengenai akuntansi dan perpajakan di sini.

Tags: