Pengelolaan Arus Kas Bagi Perusahaan

Apakah kalian tahu apa itu arus kas? Dan apakah arus kas ini dapat menjadi kunci sukses bisnis? Menurut financial planner business consultant Mada Aryanugraha, manajemen arus kas yang baik adalah kunci penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis. Arus kas ini digunakan untuk menjaga keuangan yang sehat dalam suatu perusahaan. bagaimana cara memastikan arus kas dapat berjalan baik?? Mari kita simak artikel berikut ini.

Sebagai perusahaan jasa akuntansi di Jakarta SNI ingin berbagi sedikit soal pengelolaan arus kan bagi perusahaan yang benar dan tepat, diharapkan setelah membaca, anda bisa lebih memiliki gambaran yang jelas soal pengelolaan arus kas perusahaan

Cara memastikan arus kas berjalan dengan baik

Dalam memastikan arus kas berjalan dengan baik bagi perusahaan ,terbagi menjadi 3 poin penting yaitu:

  • Aktivitas operasi

Aktivitas operasi ini berisi dana yang digunakan untuk kegiatan perusahaan. Nilai tersebut dapat diperoleh dengan memasukan nilai pengaruh kas atau bank terhadapat transaksi untuk menentukan laba bersih.

  • Aktivitas investasi

aktivitas ini berasal dari nilai yang dihasilkan oleh penjualan atau pembelian aktiva tetap.

  • Aktivitas pendanaan

Aktivitas ini merupakan aktivitas yang berasal dari penambahan modal perusahaan. penambahan modal ini dapat dihitung dengan memasukan nilai pengurangan atau penambahan kas.

Dari aktivitas tersebut kalian dapat mengetahui dana yang telah digunakan dan dapat mengambil keputusan dengan benar terkait dengan laporan keuangan tersebut.

Masalah yang ditimbulkan

Masalah yang dapat ditimbulkan jika arus kas tidak lancar akan membuat keuangan perusahan akan buruk dan menimbulkan masalah – masalah yang berujung pada kemunduran perusahaan. ada berbagai masalah yang harus kalian ketahui jika terjadi kesalahan dalam arus kas perusahaan.

  • Pencatatan keuangan tidak berjalan dengan benar

Masalah pencatatn keuangan yang tidak baik akan menjadi masalah klasik yang kerap dialami oleh sejumlah UMKM di Indonesia. Karena setiap usaha UMKM harus memperhatikan pencatatan keuanagna mereka. Hal ini dapat memudahkan para UMKM mengetahaui kondisi keuangan dalam berbagai macam faktor.

  • Kredit macet

Dalam masalah piutang yang tidak tertagih dapat menyababkan kredit macet. Hal itu menyebabkan perusahaan tidak memiliki dana yang dapat digunakan lagi untuk keperluan operasional.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat anda ketauhi dari arus kas dari sebuah perusahaan. Dalam hal ini arus kas sangatlah penting dalam perusahaan agar anggaran pemasukan dan pengeluaran dapat terkontrol dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam pengelolaan arus kas.

Bagi pembaca yang ingin mendapatkan suport profesional dari konsultan terpercaya, silahkan hubungi team SNI consulting, dan kami siap memberikan layanan Jasa Pembukuan dan akuntansi terbaik untuk anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top