Manfaat Serta Fungsi Struktur Organisasi Bagi Perusahaan

Dalam membangun sebuah perusahaan struktur organisasi sangatlah penting untuk menandakan bahwa suatu perusahaan tersebut aktif dan memiliki peran yang jelas. Dalam penataan struktur organisasi dalam perusahaan juga sangat berpengaruh untuk membuat suatu perusahaan menjadi lebih produktif dalam mengembangkan dan menjalankan sebuat bisnis.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang apa itu struktur organisasi ,manfaat dan fungsi bagi perusahaan ,mari simak artikel berikut ini.

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi merupakan sebuah garis hirarki atau bertingkat yang mendeskripsikan komponen yang menyusun sebuah perusahaan terkait pembagian tugas dan tanggung jawab agar tidak terjadinya tumpang tindih dalam suatu wewenang dan tanggung jawab perorangan.

Manfaat Struktur Organisasi Perushaan

Manfaat yang didapat dengan adanya struktur organisasi dalam suatu perusahaan ,antara lain:

  1. Membantu mencapai target perusahaan.
  2. Membantu dalam membuat job description karyawan.
  3. Membantu dalam pembagian tugas atau tanggung jawab menjadi lebih mudah dan jelas.
  4. Membantu untuk mengurangi konflik internal yang terjadi di dalam perusahaan.
  5. Membantu meningkatkan moral dan motivasi kerja karyawan dalam jenjang karir ynag jelas.
  6. Membantu dalam perhitungan sistem remunerasi karyawan perusahaan.

Contoh Susunan Struktur Organisais Perusahaan

Pada struktur organisasi terkandung alur perintah yang mengidentifikasi jabatan pekerjaan yang harus di pertanggung jawabkan oleh masing-masing karyawan atas berbagai kegiatan serta komunikasinya dengan unit yang lainnya, berikut contoh struktur organisasi perusahaan

\"\"
Struktur Organisasi
  • Direksi

Merupakan orang yang bertanggung jawab dan memiliki wewenang dalam mengurus perseroan terbatas. Biasanya dalam perseroan memiliki satu orang direktur utama, 3 wakil direktur utama, serta 6 direktur, sesuai dengan yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan.

  • Direktur Utama

Direktur utama merupakan orang yang mempunyai wewenang dalam merumusakan dan menetapkan suatu kebijakan. Direktur utama juga berperan untuk memajukan serta mengembangkan perusahaan, peran direktur utama ini juga harus memiliki ide – ide yang bermanfaat bagi perusahaan untuk bekerja sama dengan perusahaan lain.

  • Direktur

Tugas direktur yaitu menetapkan tujuan dari setiap manager yang ada, mengawasi dan mengkoordinir semua kegiatan dari manager secara priodik. Direktur bertanggung jawab atas kerugian perusahaan apabila tidak menjalankan tugas dengan baik, kebijakan ini sudah ditetapkan pada UU No.40 Tahun 2007 Tetang perseroan terbatas.

  • Direktur Keuangan

Direktur keuangan bertugas untuk mengawasi operasional keuangan perusahaan, menetapkan prosedur pelakasanaan secara rinci tentang keuangan dan menetapkan standar pekerjaan lapangan untuk menjamin tidak adanya kebocoran dalam bagian keuangan.

  • Direktur Personalia

Direktur personalia bertanggung jawab untuk mengembangkan system perencanaan personalia dan pengendalian kebijakan pegawai, serta melaksanakan Kebutuhan administrasi dan kepagawaian dan membina pengembangan staff administrasi

  • Manager

Tugas dari seorang manager yaitu membuat pengarahan dan keputusan, kebijakan, supervise dan mengembangkan potensi karyawan agar dapat memajukan perusahaan.

  • ADM & Gudang

Jabatan ini terdiri dari accounting, CMT, dan kasir yang bertugas untuk mengatur keuangan perusahaan dan mencatat setiap pengeluran dan pemasukan serta mengurus hal – hal yang berkaitan dengan outsourcing.

  • Devisi Regional

Devisi regional bertugas untuk mengelola sebuah aset perusahaan serta menjalankan bisnis sesuai dengan arahan perusahaan. Tugas lain dari devisi regional ini yaitu melaksanakan prosedur dan menyepakati target yang sudah ditetapkan oleh direksi perusahaan.

Itulah beberapa manfaat serta fungsi dari struktur organisasi bagi perusahaan. struktur organisasi sangatlah penting bagi suatu perushaan yang berfungsi untuk mengatur dan menetapkan tugas serta tanggung jawab kepada perorangan juga dapat mempermudah untuk mengotrol pekerjaan yang dilakukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top