Pentingnya Otomatisasi Pajak Bagi Perusahaan

Banyak sekali manfaat membayar pajak bagi perusahan, manfaat tersebut juga akan semakin dimudahkan dengan adanya otomatisasi pajak. Otomatisasi pajak ini hampir diterapkan disemua jenis bidang pekerjaan. Otomatisasi merupakan cara penggunaan teknologi untuk proses pengoptimalan suatu pekerjaan, otomatisasi ini diterapkan untuk menunjang pekerjaan agar lebih efektif.

Jika kita berbicara tentang perpajakan, pastinya tidak akan jauh dari program reformasi pajak. Reformasi pajak ini menekankan pembenahan sistem informasi yang sudah diterapkan oleh DJP. Salah satu dari reformasi pajak ini adalah migrasi dari sistem manual ke digital yang sudah digunakan dibeberapa lini yang berhubungan dengan pelayanan terhadap wajib pajak. Reformasi pajak ini dapat diperkuat dengan dikeluarkanya MKM No.885/KMK03/2016 Tentang Pembentukan Tim Reformasi Perpajakan.

Salah satu hasil dari reformasi ini ialah aplikasi online milik DJP yang sangat memudahkan para wajib pajak untuk menyelesaikan kewajiban pajaknya. Tujuannya dari pembuatan aplikasi ini ialah untuk meningkatkan efektivitas pada pelayanan pajak.

Pentingnya Otomatisasi Pajak

Penerapan otomatisasi pajak ini digunakan untuk peningkatan fungsi pelayanan pada wajib pajak, efisiensi penggunaan data pajak serta mengawasi perilaku wajib pajak dengan lebih teliti. Dengan menggunakan teknologi digital yang diterapkan oleh Direktorat Jendral Pajak (DJP) juga memunculkan beberapa Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) yang bekerja sama untuk membantu dan mempermudah para wajib pajak untuk melakukan kewajibannya sebagai wajib pajak.

Salah satu Aplikasi yang resmi digunakan oleh pemerintah yaitu Aplikasi OnlinePajak. OnlinePajak dapat membantu para wajib pajak untuk mengelola pajak secara mudah dan lebih efisien, dengan memanfaatkan otomatisasi pajak dengan sistem yang sudah teritegrasi. Dengan aplikasi ini para wajib pajak dapat mengelola berbagai jenis pajak seperti PPh 21, PPN dan PPh Final.

Dengan aplikasi ini para wajib pajak juga dapat berinteraksi dengan rekan kerja Anda sehingga pekerjaan yang sedang Anda kerjakan dapat menjadi lebih ringan karena dibantu oleh rekan kerja Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur yang dapat Anda pilih sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Fitur – fitur dalam OnlinePajak ini dapat dengan diakses menggunakan internet, kelebihan dari aplikasi ini juga dapat menyimpan data – data karyawan dengan rapi pada sistem cloud base OnlinePajak ,sehingga memudahkan pengguna mengakses aplikasi ini dimana saja dan kapan saja. OnlinePajak ini juga sudah mendapatkan sertifikasi ISO/IEC 27001 sehingga keamanan dan kerahasiaan data dapat disimpan dengan aman.

Sebelum menggunakan aplikasi ini Anda harus memastikan bahwa pajak yang dikelurkan sesuai dengan rotasi keuangan atau penghasilan usaha Anda. Maka dari itulah Anda harus memahami mekanisme perpajakan serta penerapannya.

Itulah pentingnya otomatisasi pajak bagi perusahaan, dengan menerapkan otomatisasi ini sangat mempermudah Anda untuk mengelola perpajakan dengan lebih akurat lagi. Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar keuangan, perpajakan dan bisnis klik disini, Anda juga dapat berkonsultasi mengenai keuangan, perpajakan dan bisnis klik disini.

Tags: