Strategi UMKM untuk Menghadapi Pasar Global

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh individu atau perorangan serta badan usaha dengan lingkup kecil yang lebih dikenal dengan istilah mikro. UMKM di Indonesia merupakan usaha yang paling diminati oleh masyarakat. Tidak heran jika UMKM menjadi kelompok usaha yang paling besar di Indonesia yang berkontribusi dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia sebesar 60%.

Selain itu ,UMKM ini juga lebih kuat untuk menghadapi krisis global dibandingkan dengan usaha lain, tetapi bertahan pada krisis global juga tidaklah mudah banyak sekali persaiangan dengan produk negara lain. Agar UMKM tetap dapat mengebangkan bisnis atau usaha yang mereka jalankan untuk menghadapi pasar global, ada beberapa strategi yang harus dimiliki oleh UMKM, sebagai berikut:

Produk

Menentukan produk yang akan dipasarkan atau dijual sangatlah penting apalagi untuk para UMKM hal ini merupakan langkah awal sebelum bisnis dijalankan. Produk yang akan dipasarkan juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan oleh semua konsumen. Sebelum menjual produk ada baiknya jika Anda melakukan riset terlebih dahulu tentang produk apa saja yang sedang diminati, dan melihat berapa besar peluang pasar yang akan dicapai. Selain itu, kualitas produk juga harus dapat disesuaikan dengan yang ada dipasaran.

Harga

Menentukan harga juga sangat penting agar usaha yang Anda jalankan dapat meraup keuntungan. Untuk menentukan harga jual produk, Anda sebaiknya terlebih dahulu melakukan perhitungan total semua biaya yang Anda keluarkan untuk membuat produk tersebut. Ada beberapa cara untuk menetapkan harga yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari kerugian, sebagai berikut:

  1. Menetapkan harga sesuai dengan biaya produksi ditambah dengan keuntungan, biasanya keuntungan diambil 30% dari harga produksi.
  2. Menetapkan harga berdasarkan kompetitor, dengan melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan harga. Anda dapat menentukan harga dibawah kompetitor tetapi dengan kualitas yang sama dengan kompetitor, dengan strategi seperti tentu saja Anda akan menarik konsumen dari kompetitor.
  3. Menetapkan harga sesuai dengan permintaan, jadi konsumen yang akan menentukan harga produk yang Anda jual. Tetapi jika harga yang diberikan terlalu rendah atau masih di bawah harga produksi, Anda dapat menaikan harga jualnya sehingga Anda masih bisa mendapatkan keuntungan.

Tempat

Tempat juga menjadi hal yang penting dalam menjalankan usaha, dengan memiliki tempat yang strategis dengan begitu kemungkinan besar produk yang Anda jual akan cepat terjual. Ada hal – hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tempat usaha yaitu:

  1. Lokasi usaha harus strategis untuk dapat di akses oleh semua orang dan dekat dengan keramaian.
  2. Sesuaikan dengan target pasar, jika targetnya adalah pekerja maka tempat usaha haruslah berdekatan dengan perkantoran.
  3. Mudah dijangkau oleh semua konsumen terutama dari segi transportasi.
  4. Produk yang dijual harus menarik agar dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk tersebut.

Promosi

Promosi juga langkah yang sangat bagus untuk memperkenalkan produk yang akan Anda jual kepada konsumen. Agar promosi yang Anda lakukan berjalan dengan lancar dan tepat sasaran, maka Anda harus meriset terlebih dahulu pada siapa Anda menjual produk tersebut. Setelah itu Anda dapat memilih melalui media apa Anda dapat mempromosikan produk Anda, apakah melalui via media online atau media offline.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia (SDM) haruslah orang – orang yang dapat menghasilkan produk dan layanan yang baik. Jangan ragu untuk melakukan seleksi kepada calon karyawan dalam bisnis UMKM yang sedang Anda bangun. Carilah karyawan yang memiliki kemampuan dibidang tersebut agar Anda juga tidak mengalami kerugian.

Itulah beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh UMKM untuk menghadapi pasar global. Jika strategi tersebut berhasil maka jangan lupa untuk membuat manajemen keuangan untuk UMKM. Hindari mencampurkan uang pribadi dengan uang yang digunakan untuk usaha. Manajemen keuangan ini berfungsi untuk mencatat semua transaksi dalam buku, melakukan perancangan, pemeriksaaan, penganggaran, pengendalian, pengelolaan, pencarian dan penyimpanan keuangan,

Akuntansi dan Pembukuan Usaha

Terakhir yang tidak kalah penting adalah manajemen Akuntansi dan pembukuan perusahaan, kemampuan produksi yang bagus, pemasaran yang luar biasa, dan keunggulan lain nya tidak akan bisa maksimal tanpa adanya keuangan yang sehat dan bebas froud, karena itu sangat penting anda memiliki team akintan handal di dalam manajemen bisnis, atau anda bisa menggunakan jasa akuntansi profesional atau konsultan akuntansi yang bisa dipercaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top