Memahami Pasar Oligopoli Hingga Strategi Pemasarannya

Oligopoli atau sering disebut pasar oligopoli merupakan pasar persainagan tidak sempurna. Disebut seperti itu karena pasar tersebut mempunyai jumlah produsen dan pedagang yang tidak sebanding dengan jumlah pembeli atau konsumen. Dengan begitu para pembisnis harus terus menerus memasarkan produk mereka kepada konsumen agar tetap bertahan dan menarik perhatian pembeli.

Oligopoli mempunyai persaingan yang sangat ketat. Dengan kata lain jika ada perusahaan baru atau produsen baru yang ingin masuk kepasar oligopoli sering dilakukan praktek penahanan agar perusahaan atau produsen baru tersebut tidak dapat masuk kepasar. Jadi jika ingin masuk kepasar ini harus memiliki strategi yang tepat, misalnya bermain dengan harga seperti menetapkan harga terbatas dengan begitu persaingan harga sangat sedikit diantara produsen.

Tujuan Oligopoli

Pasar ini memiliki tujuan agar para konsumen dapat leluasa memilih produk yang mereka inginkan. Dengan begitu produsen akan terus meningkatkan kualitas produk yang mereka jual serta memenuhi kebutuhan konsumen mereka. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para produsen.

Untuk tetap bertahan dan terus meningkatkan produk yang mereka jual, maka para produsen harus terus menerus meriset pasar dan membuat produk baru yang lebih baik dari produk sebelumnya agar para konsumen tertarik dan membeli produk tersebut. Meskipun terlihat lebih susah dengan usaha pada umumnya, tetapi dengan menjadi produsen dalam oligopoli dapat lebih menguntungkan terutama pada strategi pemasaran yang dilakukan.

Ciri – Ciri Pasar Oligopoli

Ada ciri – ciri dari pasar oligopoli yang harus Anda ketahui, berikut ciri – ciri dari pasar oligopoli:

  • Memiliki 2 Produsen atau lebih

Dalam pasar oligopoli ini dijalankan oleh 2 (dua) konsumen atau lebih. Sedangkan untuk produsen kurang dari 10 produsen, maka dari itu pasar ini disebut dengan pasar persaiangan tidak sempurna karna konsumen lebih banyak dari pada produsen.

  • Produk yang Dijual Homogen

Produk yang dijual di pasar oligopoli ini bersifat homogen atau seragam. Selain bersifat homogen sifat dari produk yang dijual dipasar ini juga dapat saling digantikan satu sama lain. Misalkan ada produk rokok yang tidak laku maka dapat digantikan dengan produk yang sama dengan variasi yang berbeda.

  • Kebijakan Produsen Utama Menjadi Acuan

Dalam pasar oligopoli ini menjadikan kebijakan prosedur utama sebagai acuan oleh para produsen lain. Misalnya dalam hal penarikan produk lama, perubahan fungsi, dan juga ketentuan penetapan harga produk. Jadi produsen lain hanya perlu mengikuti kebijakan dari produsen utama.

  • Harga Barang Hampir Sama

Dalam penjualan barang di pasar oligopoli ini memiliki harga barang yang hampir sama. Maksudnya disini yaitu harga yang dijual antara produsen 1 dengan produsen lainnya memiliki harga yang sama atau nyaris tidak terasa ada perbedaannya. Hal ini dikarenakan jumlah produsen yang sedikit.

  • Produsen Baru Sulit Masuk

Untuk produsen baru yang ingin masuk kepasar oligopoli ini sangatlah sulit, karena produsen utama memainkan harga sehingga produsen baru kesulitan untuk bersaing dengan harga produsen yang sudah ada. Jika dipaksakan ,maka produsen baru hanya akan mendapatkan keuntungan yang sangat kecil.

  • Strategi Pemasaran Harus Matang

Jika sudah masuk ke dalam pasar oligopoli strategi pemasaran yang digunakan harus matang. Dengan sedikitnya jumlah produsen dan ragam produk yang tidak banyak, maka persaingan akan jauh lebih ketat. Dengan melakukan promosi dan pemasaran harus sesering mungkin dilakukan agar konsumen tidak berpindah ke produk lain.

Jenis – Jenis Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli ini juga memiliki beberapa jenis pasar, berikut jenis – jenis pasar oligopoli:

  • Pasar Oligopoli Murni (Homogen)

Jenis pasar homogen ini merupakan jenis pasar pertama oligopoli. Pada oligopoli homogen ini barang yang dijual hanya memiliki 1 (satu) macam barang saja tetapi memiliki banyak sekali varian. Perbedaan harga antara barang 1 (satu) dengan yang lainnya juga tidak terlalu jauh.

Oligopoli ini mengacu pada kebijakan yang diberikan pada produsen utama. Contohnya jika produsen utama mengambil keputusan untuk merubah harga, maka produsen lain akan mengikuti harga yang sudah ditetapkan oleh produsen utama.

  • Pasar Oligopoli Terdiferensiasi

Untuk pasar oligopoli jenis ini menjual hanya satu macam, tetapi harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan harga produsen lainnya. Jadi harga antara 1 (satu) produsen dengan lainnya sangat terasa di antara oligopoli terdiferensiasi. Misalnya harga smartphone di produsen A lebih mahal dari pada harga di produsen B dengan barang yang sama

  • Pasar Oligopoli Non Kolusi

Jenis pasar oligopoli non kolusi yaitu jika ada produsen yang memainkan harga, maka harus terlebih dahulu melihat perkembangan dari produsen lain sebagai kompetitor usaha. Tujuannya adalah untuk tetap mengembangakan usaha tersebut dan agar produsen lain tidak dapat mengikuti.

  • Pasar Oligopoli Kolusi

Berbeda dengan non kolusi, jenis pasar oligopoli kolusi ini melibatkan semua produsen untuk saling bekerja sama, ketika akan menaikan harga produk maka semua produsen akan menaikan harga tersebut atau tetap membiarkan harganya stagnan.

Kelemahan Pasar Oligopoli

Dalam pasar oligopoli ini juga memiliki kelemahan bagi para produsennya, berikut kelemahan – kelemahan produsen dalam pasar oligopoli:

  • Produsen Baru Sulit Masuk

Sulitnya produsen baru masuk ke dalam pasar oligopoli karna pesaingan harga. Produsen lain juga akan sulit untuk bersaing dengan produsen yang sudah ada, apalagi persaiangan antara produsen 1 (satu) dengan produsen yang lainnya sangat ketat.

  • Produsen Utama Sangat Mempengaruhi Pasar

Di dalam pasar oligopoli produsen utama sangat mempengaruhi kondisi pasar. Maksudnya adalah produsen lain harus menyesuaikan kebijakan atau keputusan produsen utama. Misalnya jika produsen utama ingin menaikan harga maka produsen yang lain harus mengikuti kebijakan tersebut.

  • Strategi Marketing Harus Bagus

Dengan adanya persainagan ketat antar produsen ,inovasi untuk produk harus selalu dibuat agar konsumen tidak beralih keproduk lain. Selain itu, strategi pemasaran juga harus dipikirkan matang – matang agar konsumen tahu produk apa saja yang dibuat oleh si produsen agar pelanggan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Itulah pengertian hingga strategi yang harus digunakan jika ingin masuk kepasar oligopoli. Untuk para pembisnis ,sangat penting seklai untuk mengetahui kondisi pasar sebelum memasarkan produk yang akan dijual kepada konsumen.

Selain strategi yang bagus tentunya management keuangan dan pajak perusahaan juga harus diperhatikan, pebisnis bisa merekrut akuntan internal untuk mendukung kegiatan akuntansi perusahaan, atau menggunakan konsultan jasa akuntansi profesional

dan yang terakhir di era keterbukaan dan keteraturan hukum, perhatian soal penghitungan pajak perusahaan pun harus sangat diperhatikan, baik dengan mulai mempelajari ilmu tentang perpajakan, melakukan rekruitment pegawai yang menguasai ilmu perpajakan, atau menggunakan jasa konsultan pajak independen

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top