
Hello Sahabat UKM, saat ini banyak sekali pelaku usaha yang mempromosikan atau memasarkan dagangan mereka tidak hanya secara offline saja, tetapi banyak sekali yang telah memanfaatkan digital marketing sebagai sarana promosi. Contohnya melalui sosial media seperti Instagram ataupun Facebook, ada juga yang melalui media komunikasi seperti Whatsapp ataupun Line, atau sudah ada yang berjualan di platform ecommerce/ketplace.
Melakukan promosi melalui digital marketing merupakan hal yang sangat penting, tetapi ketika Anda memutuskan untuk menggunakan digital marketing dengan mengelolanya adalah kewajiban. Hal ini banyak diagap remeh oleh para pengusaha yang ingin terjun kedigital marketing tetapi tidak tau cara mengelolanya, berikut langkah – langkah dalam mengoptimalkan digital marketing:
- Ukur Efektivitas Promosi Digital
Ada beberapa efektivitas yang dapat mengukur promosi digital
- Memiliki indikator yang jelas tujuan dari promosi digital
Anda harus menentukan tujuan untuk melakukaan promosi digital karena indikator dari setiap promosi digital dapat berbeda – beda. Berikut indikator kinerja pada digital marketing:
- Peningkatkan follower
- Peningkatkan engagement
- Peningkatkan pesanan/penjualan online
2. Menghitung konversi dari promosi digital
- Dapat menghitung konversi dari promosi digital yang akan Anda lakukan yaitu dengan cara menghitung secara manual.
- Anda juga dapat mengkonversi dari promosi digital melalui Google Analytics. Hal ini dikarenakan Google memiliki Tools yang dapat digunakan untuk menganalisis kinerja website seperti melacak, melihat, melihat umur, mengetahui jumlah, dan pola prilaku pengunjung.
- Evaluasi ketetapan jadwal posting dan target sasaran
Anda harus dapat menjadwalkan kapan Anda akan mengposting atau mempromosikan dan atau mengiklankan barang/jasa yang Anda jual yang sering disebut dengan “prime time”. Prime time merupakan waktu yang sangat baik untuk menayangkan iklan. Dengan adanya jadwal waktu ini dapat disesuaikan dengan target sasaran.
- Evaluasi saluran promosi digital
Ada beberapa evaluasi saluran promosi digital, sebgaai berikut:

Sebelum Anda menggunakan saluran promosi ada baiknya harus di evaluasi terlebih dahulu promosi tersebut sudah tepat atau belum, agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan promosi tersebut.
- Tentukan kembali target promosi kedepan
Sebelum melanjutkan kegiatan promosi ada baiknya tentukan kembali target promosi yang akan dilakukan dengan evaluasi. Misalnya, mengganti influencer karena influencer sebelumnya kurang sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Dengan begitu Anda harus memulai membuat target promosi untuk kedepannya.
Setelah Anda membuat target, hal yang harus Anda lakukan yaitu membuat Agenda atau Jadwal Promosi yang akan direncanakan pad bulan berikutnya. Berikut contoh jadwal agenda atau jadwal promosi pada digital marketing:

Itulah tips cara mengelola digital marketing secara optimal, jika Anda membutuhkan informasi lain mengenai perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.
Get a personal consultation
We will take care of your accounting and administrative services.