Cara Meningkatkan Manajemen Inventori

Hello para akuntan, mengelola persediaan atau inventori merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, terutama pada perusahaan yang bergerak dibidang retail. Mengelola manajemen inventori ini harus dilakukan secara profesional, agar arus keluar masuk barang dapat menjadi lebih optimal. Dengan begitu Anda harus terus melakukan perubahan serta inovasi baru agar terus dapat meningkatlkan manajemen inventori untuk perusahaan Anda. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan manajemen inventori.

Membuat perencanaan dan proyeksi yang baik

Membuat perencanaan merupakan hal yang sangat penting yang harus Anda lakukan dan harus Anda perhatikan. Dengan memiliki perhitungan yang mantang, Anda dapat memproyeksikan berapa barang yang akan Anda butuhkan. Dengan Anda mengetahui berapa banyak barang yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda maka perusahaan Anda kecil kemungkinan untuk mengalami penumpukan barang.

Dengan adanya pembuatan perencanaan dan proyeksi inilah, yang membuat Anda harus bergerak di dalam bidang manajemen inventori untuk memahami sistem penyediaan. Cara membuat perencanaan ini yaitu dengan cara mencatat barang keluar dan masuk, agar Anda dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan atau menambahkan stok barang.

Menjaga kondisi barang agar tetap optimal

Selain melakukan perencanaan dan proyeksi, hal yang selanjutnya dapat Anda lakukan yaitu dengan menjaga kondisi barang agar tetap optimal. Yang dimaksud disini yaitu barang harus ada dalam keadaan yang cukup dan safety stock.

Selain itu juga harus memperhatikan jumlah ideal barang yang dipesan dan biaya dari barang tersebut. Hal ini dilakukan karena banyaknya barang yang dipesan maka harga akan semakin turun dengan begitu biaya penyimpanan akan semakin naik. Dengan adanya pengoptimalan barang dapat menekan biaya inventori yang membengkak jika barang terus menurus menumpuk dalam jumlah yang cukup banyak.

Membedakan barang berdasarkan status dan jenis

Agar barang yang satu dengan barang yang lainnya tercampur maka harus dilakukan penataan atau membedakan barang berdasarkan status dan jenisnya, agar dapat lebih memudahkan dalam mencari barang – barang yang dibutuhkan.

Selain jenis barang, ada juga yang membedakan berdasarkan pada status barang tersebut. Misalkan untuk barang dalam konsisi baik dapat beri tanda seperti membedakan warna yaitu warna biru. Sedangkan, jika barang dalam kondisi tidka baik dapat Anda beri warna hijau. Ada juga barang yang mudah pecah atau rentan dapat juga Anda berikan tanda dan dapat Anda letakan pada tempat yang lebih aman.

Melakukan audit barang secara berkala

Cara sederhana untuk dapat meningkatkan manajemen inventori yaitu dengan melakukan audit barang secara berkala. Dengan begitu Anda dapat mengetahui mana barang yang harus segera dikeluarkan, mana barang yang tahan lama, dan barang mana yang dalam kondisi rusak. Dengan menggunakan cara ini Anda dapat mengetahui kondisi barang, serta dapat mengatasi dengan cepat jika adanya masalah.

Menggunakan software untuk mempermudah pengecekan

Dalam melakukan audit maka harus dibutuhkan ketelitian, kejelian serta keakuratan. Jika audit dilakukan secara manual maka akan memakan waktu yang cukup lama serta memakan banyak biaya. Maka dari itu, Anda harus menggunakan software manajeman inventori yang telah dilengkapi dengan beberapa fitur yang mendukung perusahaan melakukan audit. Misalnya seperti asset tracking untuk melacak produk melalui sistem barcode, dan inventory optimization yang dapat membantu dalam memprediksi permintaan secara otomatis.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan manajemen inventori. Jika Anda ingin mencari informasi lain mengenai perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

Tags: