Seberapa Penting Pembukuan Dalam Usaha/ Bisnis?

Business photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Dalam berbisnis, biasanya orang-orang cenderung fokus kepada strategi penjualan. Padahal terdapat satu kompenen penting yang harus diperhatikan. Hal tersebut adalah pembukuan. Pembukuan adalah suatu kegiatan yang berupa mengumpulkan data atau informasi yang berhubungan dengan keuangan seperti, penghasilan, biaya, modal, kewajiban, dan lain-lain.

Pembukuan tidak hanya dilakukan oleh perusahaan berskala besar saja. Perusahan kecilpun seharusnya memiliki pembukuan bisnis yang baik. Hal ini dilakukan agar uang pribadi dan uang usaha tidak tercampur. Jika terjadi maka dapat menimbulkan masalah untuk bisnis nantinya. Misalnya uang yang seharusnya dijadikan sebagai modal untuk membeli barang dipakai untuk kepentingan pribadi. Hal tersebut tentu membuat usaha menjadi kacau.

Berikut hal-hal yang membuat pembukuan penting dalam usaha/bisnis:

  • Mengetahui perkembangan bisnis, apakah untung atau rugi

Jika anda telah memiliki pencatatan keuangan yang baik tentu anda dapat membandingkan keadaan keuangan pada periode sebelumnya dan kondisi sekarang. Apakah kondisi usaha memberikan keuntungan atau mala rugi. Anda juga dapat mengambil keputusan apa yang akan dilakukan agar keuntungan yang diperoleh semakin besar.

  • Pedoman untuk mengontrol biaya/pengeluaran

Adanya pencatatan keuangan yang rapi akan memvisualisasikan arus kas masuk dan keluar. Jika ada biaya yang rasanya dapat dikurangi atau diganti dengan pilihan yang lebih ekonomis tentu hal tersebut dapat mengurangi pengeluaran usaha anda dan membuat keuntungan lebih besar.

  • Mengetahui hutang maupun piutang usaha

Adanya piutang yang tidak tertagih tentu akan dapat dihindari jika anda memiliki pencatatan keuangan yang rapi. Jika hanya mengingat atau menerka-nerka akan membuat relasi anda dengan customer mejadi buruk dan bahkan kehilangan customer

  • Mengetahui aset yang ada

Komputer, printer, meja atau aset lain yang anda miliki tentu memiliki umur pakai dan suatu saat pasti akan mengalami kerusakan. Dengan adanya pembukuan anda dapat menghitung berapa nilai aset yang anda miliki sekarang dan kapan aset tersebut harus diperbaharui.

  • Mengetahui kewajiban yang ada seperti pajak, asuransi kesehatan, dll

Sebagai seorang pengusaha anda memiliki kewajiban untuk membayar pajak dan memberikan hak-hak karyawan seperti jaminan kesehatan. Hitungan pajak didasari pada laporan keuangan anda. Laporan keuangan dapat disusun jika pencatatan pembukuan anda sudah rapi. Tidak hanya pajak, jaminan kesehatan seperti BPJS perhitungannya juga didasari informasi yang terdapat dalam laporan keuangan. Jika anda ingin membuat pembukuan yang sederhana, anda dapat menggunakan microsoft excel. Namun, jika anda menginginkan pembukuan yang lebih praktis dan mudah anda dapat menggunakan Aplikasi akuntansi. Salah satu aplikasi yang cocok untuk usaha kecil hingga menengah adalah Jurnal.id. Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan dan memiliki harga yang ekonomis.

Tags:

One thought on “Seberapa Penting Pembukuan Dalam Usaha/ Bisnis?

  1. good article, easy to understand and very interesting to read. I also found an article with a similar discussion. you can visit the link below http://news.unair.ac.id/2018/12/18/dosen-unair-ikuti-festival-fintech-2018-di-singapura/

Comments are closed.