Macam-Macam Kode Error Pada E-faktur 3.0 dan Cara Mengatasinya

Saat bekerja menggunkan E-faktur, sering kali kita menjumpai kendala. Kendala-kendala dalam penggunakan E-faktur dapat disebabkan oleh berbagai hal dan dibedakan berdasarkan kode error yang ditampilkan pada aplikasi. Lalu apa saja penyebab kendala tersebut dan cara mengatasinya. Berikut penjelasan kode error saat penggunakan E-faktur.

  • ETAX-10001

Kode eror ini muncul dengan keterangan Error Database. Pastikan database dan aplikasi yang berjalan di komputer anda hanya satu aplikasi E-faktur 3.0.0.1. Selain itu jangan lupa untuk menjalankan ETaxInvoiceUpd.exe.

  • ETAX-40001

Kode eror ini muncul dengan keterangan Tidak Dapat Menghubungi EtaxInvoice Server. Artinya anda harus mematikan koneksi internet anda stabil. Selain itu anda dapat cek E-faktur apakah di block oleh ativirus atau firewall. Cek juga sertifikat elektronik apakah masih aktif dan perkenalkan ulang sertifikat elektronik anda. Jika masih muncul kode ini maka kemungkinan ada masalah pasa sistem DJP atau antrian sedang banyak.

  • ETAX-10004

Kode ini muncul dengan tambahan keterangan Data Tidak ditemukan. Anda dapat melakukan get data untuk mengulangi proses request ke server DJP. Kemungkinan error ini karena koneksi terputus.

  • ETAX-API-50031

Kode ini diikuti keterangan Data Tidak Ditemukan. Hal ini dapat disebabkan karena salah input kode NTPN atau salah kode KKP saat membuat id-billing. Selain itu juga dapat disebabkan karena belum sinkronnya sistem pembayaran di DJP.

Tags: