Mengenal Return On Capital Employed (ROCE)

Kewajiban jangka panjang yang besar menandakan tingginya modal yang digunakan. Jika penghasilan yang diperoleh kecil maka kita perlu mengukur efisiensi bisnis menggunakan rasio ROCE (Return On Capital Employed). Return On Capital Employed atau pengembalian modal kerja  adalah suatu pengukuran profitabilitas dan efisiensi yang dapat dihasilkan dari modal yang digunakan. Jika nilai ROCE semakin tinggi maka semakin tinggi pula efisiensi perusahaan dalam menggunakan dana yang ada. Selain itu, nilai ROCE juga dapat menjadi acuan bagi investor untuk mengetahui berapa keuntungan yang dapat diperoleh dari tiap investasi yang telah dilakukan.

Cara Menghitung Rasio Return on Capital Employed (ROCE)

Untuk dapat menghitung ROCE, terdapat dua akun yang digunakan yaitu :

  • EBIT (Earning before Interest and Tax) atau Penghasilan sebelum Bunga dan Pajak. EBIT sering ditemukan dalam laporan laba rugi karena dapat menunjukan keuntungan perusahaan yang dihasilkan.
  • Capital Employed ( Modal yang  Digunakan) diperoleh dengan cara mengurangi total aset perusahaan dan semua kewajiban perusahaan.

Contoh kasus:

Pada tahun 2020 perusahaan ABC memiliki total aset sebesar 1.4 miliyar  rupiah dengan kewajiban sebesar 800 juta rupiah. Laba bersih yang diperoleh ditahun tersebut sebesar 1 miliyar. Berapa nilai ROCE perusahaan tersebut?

Diketahui    :

Laba bersih = Rp1.000.000.000

Total aset    = Rp1.400.000.000

Kewajiban   = Rp800.000.000

Ditanya       : Berapa nilai ROCE?

Jawab         :

Analisa Hasil ROCE

Dari hasil perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa PT ABC mampu menghasilkan setiap rupiah yang investasikan ke modal kerja sebesar Rp1.67 keuntungan atau laba operasional bersih. Artinya rasio ROCE mampu menggambarkan besarnya laba yang dihasilkan setiap rupiah dari modal kerja. Semakin tinggi nilai ROCE maka semakin tinggi kesempatan untuk memperoleh investor karena semakin tinggi keuntungan yang akan diperoleh.

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

Tags: