Peran Brand Guidelines bagi Perusahaan

Brand giudelines atau buku pedoman dapat diartikan sebagai panduan dalam membangun dan mengidentifikasi suatu brand. Dengan kata lain Brand guidelines juga dapat diartikan sebagai sebuah buku yang berisikan aturan dan cara kerja suatu merk, logo, dan tujuan dari brand yang ada sehingga dapat berjalan secara konsisten. Jika brand guidelines suatu perusahaan sudah jelas, maka akan mudah untuk menentukan seperti apa konten, iklan, maupun media sosial yang akan dijalankan.

Manfaat dari brand guidelines

  1. Brand menjadi mudah diingat

Aturan dalam brandguidelines mencakup cukup banyak hal seperti palette warna, desain, font, dan lainnya. Tujuannya ketika publik melihat warna, jenis font, atau logo tertentu maka mereka akan mengetahui brand tersebut. Contohnya jika saya meminta anda untuk menyebutkan ecommerce yang ada di Indonesia dengan warna orange pasti anda akan tau brand apa yang dimaksud.

2. Mudah menentukan standar

Brand guidelines dapat menentukan standar karyawan dalam bekerja/berkarya. Standar yang dimaksud dapat berupa jenis postingan yang dilakukan karyawan dalam akun media sosial perusahaan untuk kegiatan marketing ataupun dalam membuat iklan.

Elemen dalam Brand Guidelines

  1. Color palette               : Pemelihan warna pada logo, website, sicoal media
  2. Typography                 : Jenis font, ukuran font, tinggat penggunaannya
  3. Logo Desain                : Bentuk logo, ukuran, warna, dll
  4. Imagery                       : Foto, Icon, watermark yang digunakan
  5. Brand Tone                 : Kata yang digunakan untuk menyampaikan identitas brand
  6. Brand Stationery         : Berupa kartu nama dan blangko surat
  7. Social Media Style      : Jenis conten, informasi yang diberikan

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

Tags: