Apa Itu Search Engineering Marketing (SEM)?

SEM adalah salah satu cara pemasaran yang menghasilkan traffic di web. SEM terpusat pada iklan berbayar dalam mesin pencari. Pembayaran hanya dilakukan jika tayangan di klik atau dikunjungi. Kunjungan tersebut dapat meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian organik. Berbeda dengan CEO, hasil SEM dapat dilihat dengan cepat untuk meningkatkan traffic web.

Cara kerja SEM adalah dengan menempatkan hasil pencarian dibagian atas agar mendapatkan visiabilitas yang lebih banyak dibandingkan dengan hasil organik. Misalnya seseorang ingin membeli sepatu dan mengetik merk sepatu atau model sepatu di layanan online atau dimesin pencari. Hasil pencarian akan muncul berbagai iklan dan produk yang relevan dengan kata kunci yang tadinya di input. Iklan yang muncul biasanya bagian pertama atau kedua pencarian yang memungkinkan konsumen untuk mengklik produk tersebut.

Hal-hal yang perlu disiapkan sebelum mengatur SEM

  1. Membuat kata kunci terkait yang kira-kira akan digunakan oleh konsumen untuk mencari produk yang dijualkan
  2. Menyediakan dana untuk dibayarkan tiap klik pada iklan
  3. Menyediakan gambar dan tulisan yang menarik sehingga produk di klik

Perbedaan SEM dan SEO

  1. Hasil pencarian yang muncul jika menerapkan SEM akan terlihat embel-embel “Iklan” sedangkan hasil pencarian dengan SEO tidak ada
  2. SEM dapat dilakukan dengan mengeluarkan biaya untuk penerapannya sedangkan Seo tidak perlu melakukan pembayaran
  3. Hasil peningkatan traffic SEM lebih cepat dibandingkan dengan SEO
  4. Penerapan SEM dapat memilih target audience sehingga hasil pencarian ditampilkan berdasarkan umur, lokasi, dan aspek lainnya dari audience
  5. SEM tidak direkomendasikan untuk strategi jangka panjang karena traffic meningkat ketika adanya pembayaran saja

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.