Karakteristik Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan wajah yang menggambarkan kondisi suatu bisnis dan bertanggung jawab atas seluruh transaksi keuangan bisnis. Kinerja suatu bisnis dapat diketahui dengan melihat laporan keuangan. Laporan keuangan harus memberikan informasi yang tepat mengenai semua transaksi yang dilakukan. Informasi yang terdapat dalam laporan keuangan harus memenuhi karakteristik kualitatif secara umum.

Berikut beberapa karaktristik yang harus terpenuhi dalam menyusun laporan keuangan

  • Dapat dipahami

Karakteristik pertama yang harus dimiliki laporan keuangan adalah karakteristik dapat dipahami oleh pengguna. Pengguna yang dimaksud adalah orang yang memiliki pengetahuan akan aktivitas bisnis dan akuntansi serta dapat mengelola atau mengambil tindakan atas kondisi bisnis yang ditampilkan laporan keuangan.

  • Relevan

Laporan keuangan memiliki karakteristik relevan artinya adalah laporan keuangan dapat memengaruhi keputusan dalam evaluasi bisnis baik pada masa kini maupun mendatang serta dapat mengoreksi hasil evaluasi dari masa lampau.

  • Dapat dibandingkan

Laporan keuangan dapat dibandingkan dengan periode sebelumnya atau laporan entitas lain dengan bisnis yang sama pada umumnya. Karakteristik ini bertujuan untuk membandingkan dan mengevaluasi posisi dan kinerja bisnis.

  • Dapat diandalkan

Laporan dengan karekteristik dapat diandalkan apabila informasinya yang disajikan benar serta menyajikan semua fakta yang ada dengan jujur dan dapat diverifikasi

Daripada ribet rekrut akuntan dan banyak drama soal pembukuan, pakai saja jasa SNI Consulting. Pembukuan dilakukan oleh akuntan ahli menggunakan software akuntansi sehingga laporan keuangan yang dihasilkan lebih akurat. Hubungi SNI Consulting untuk kemudahan pembukuan dan perpajakan bisnis anda.

Leave a Reply