Perbedaan Kas dan Setara Kas

Berdasarkan ilmu dasar akuntansi kas dan setara kas merupakan instrument asset yang dikelola dalam perusahaan. Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), kas adalah sebuah investasi yang dapat bersifat sangat liquid, memiliki jangka pendek dan dapat dengan cepat dijadikan cash dalam jumlah tertentu tanpa menghadapi risiko atas perubahan nilai yang signifikan.

Kas merupakan salah satu instrument asset perusahaan yang mudah untuk dicairkan dan dipakai dalam memenuhi kebutuhan perusahaan. Kas termasuk kedalam asset lancar yang selalu berada dalam urutan teratas laporan neraca keuangan. Contoh dari kas adalah cek kasir, cek pribadi, dll.

Sedangkan setara kas merupakan salah satu instrument investasi dalam kurun waktu yang relative pendek dan mudah dicairkan atau dipakai oleh perusahaan. Setara kas disebut investasi jangka pendek karena setara kas adalah berupa kas yang mendekati tenggat waktu pembayaran sehingga tidak memiliki risiko terhadap perubahan bunga uang. Contoh dari setara kas adalah surat perbendaharaan negara (SPN).

Daripada ribet rekrut akuntan dan banyak drama soal pembukuan, pakai saja jasa SNI Consulting. Pembukuan dilakukan oleh akuntan ahli menggunakan software akuntansi sehingga laporan keuangan yang dihasilkan lebih akurat. Hubungi SNI Consulting untuk kemudahan pembukuan dan perpajakan bisnis anda.

Leave a Reply