SNI Consulting https://sniconsulting.co.id Layanan Pendukung Bisnis Profesional Thu, 24 Mar 2022 06:44:48 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.8.1 https://sniconsulting.co.id/wp-content/uploads/2021/12/cropped-ico-32x32.png SNI Consulting https://sniconsulting.co.id 32 32 Koreksi Fiskal Positif dan Negatif https://sniconsulting.co.id/2022/03/23/koreksi-fiskal-positif-dan-negatif/ https://sniconsulting.co.id/2022/03/23/koreksi-fiskal-positif-dan-negatif/#respond Wed, 23 Mar 2022 04:48:38 +0000 https://sniconsulting.co.id/?p=41627 Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya (Laporan Keuangan Komersial dan Fiskal), laporan keuangan dalam perpajakan yang digunakan adalah laporan keuangan fiskal. Koreksi fiskal dilakukan terhadap pendapatan maupun biaya yang terdapat dalam laporan keuangan komersial. Berdasarkan Undang – Undang perpajakan yaitu UU No. 36 tahun 2008 dikatakan bahwa koreksi fiskal dibedakan menjadi dua, yaitu koreksi

The post Koreksi Fiskal Positif dan Negatif appeared first on SNI Consulting.

]]>

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya (Laporan Keuangan Komersial dan Fiskal), laporan keuangan dalam perpajakan yang digunakan adalah laporan keuangan fiskal. Koreksi fiskal dilakukan terhadap pendapatan maupun biaya yang terdapat dalam laporan keuangan komersial. Berdasarkan Undang – Undang perpajakan yaitu UU No. 36 tahun 2008 dikatakan bahwa koreksi fiskal dibedakan menjadi dua, yaitu koreksi fiskal positif dan negatif. Lalu apakah itu koreksi fiskal positif dan negatif?

Koreksi Fiskal Positif

Koreksi fiskal positif dalam menambahkan laba penghasilan kena pajak (PhKP) dan mengeluarkan biaya-biaya yang tidak diperkenankan oleh pajak.

penyebab koreksi fiskal positif antara lain:

  1. Biaya yang dikeluarkan untuk kepentingan pribadi
  2. Biaya yang dibebankan/dikeluarkan untuk kepentingan pribadi Wajib Pajak atau orang yang menjadi tanggungannya
  3. Dana cadangan
  4. Penggantian/imbalan sehubungan dengan pekerjaan/jasa yang diberikan dalam bentuk kenikmatan
  5. Jumlah yang melebihi kewajaran yang dibayarkan kepada pihak yang mempunyai hubungan istimewa sehubungan dengan pekerjaan yang dilakukan
  6. Harta yang dihibahkan, bantuan, atau sumbangan
  7. Pajak penghasilan
  8. Gaji yang dibayarkan kepada pemilik
  9. Sanksi administrasi
  10. Selisih penyusutan/amortisasi komersial di atas penyusutan/amortisasi fiskal
  11. Biaya untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan yang dikenakan PPh Final dan penghasilan yang tidak termasuk objek pajak
  12. Penyesuaian fiskal positif lain yang tidak berasal dari hal-hal yang telah disebutkan di atas

Koreksi Fiskal Negatif

Koreksi fiskal negatif dalam mengurangi laba penghasilan kena pajak (PhKP) atau pengurangan PPh ter hutang karena pendapatan lebih tinggi daripada pendapatan fiskal dan biaya komersial lebih rendah dibandingkan biaya fiskal.

penyebab koreksi fiskal negatif antara lain:

  1. Penghasilan yang dikenakan PPh Final dan penghasilan yang tidak termasuk objek pajak tetapi termasuk dalam peredaran usaha.
  2. Selisih penyusutan/amortisasi komersial komersial di bawah penyusutan/amortisasi fiskal.
  3. Penyesuaian fiskal negatif lain yang tidak berasal dari hal-hal yang telah disebutkan di atas.

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

The post Koreksi Fiskal Positif dan Negatif appeared first on SNI Consulting.

]]>
https://sniconsulting.co.id/2022/03/23/koreksi-fiskal-positif-dan-negatif/feed/ 0
Laporan Keuangan Komersial dan Fiskal https://sniconsulting.co.id/2022/03/16/laporan-keuangan-komersial-dan-fiskal/ https://sniconsulting.co.id/2022/03/16/laporan-keuangan-komersial-dan-fiskal/#respond Wed, 16 Mar 2022 09:01:12 +0000 https://sniconsulting.co.id/?p=41611 Dalam melaporkan SPT Tahunan Badan diperlukan laporan keuangan sebagai dasar perhitungannya. Secara strukturnya laporan keuangan dalam segi perpajakan yang berlaku di Indonesia berbeda dengan laporan keuangan yang disusun dengan prinsip akuntansi. Laporan keuangan untuk perpajakan biasanya disebut laporan keuangan fiskal sedangkan laporan keuangan untuk investor/ stakeholder disebut laporan keuangan komersial. Laporan keuangan fiskal disusun berdasarkan

The post Laporan Keuangan Komersial dan Fiskal appeared first on SNI Consulting.

]]>
Dalam melaporkan SPT Tahunan Badan diperlukan laporan keuangan sebagai dasar perhitungannya. Secara strukturnya laporan keuangan dalam segi perpajakan yang berlaku di Indonesia berbeda dengan laporan keuangan yang disusun dengan prinsip akuntansi. Laporan keuangan untuk perpajakan biasanya disebut laporan keuangan fiskal sedangkan laporan keuangan untuk investor/ stakeholder disebut laporan keuangan komersial.

Laporan keuangan fiskal disusun berdasarkan standar akuntansi dan perpajakan, sedangkan laporan keuangan komersial berstandar dasar-dasar akuntansi yang bersifat netral. Laporan keuangan komersial diperlukan rekonsiliasi fiskal atau koreksi fiskal agar dapat digunakan untuk dasar penyusunan SPT Tahunan Badan. Informasi ini merujuk pada undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2008 yang merupakan perubahan ke empat atas undang-undang Nomor 7 Tahun 1983 tentang pajak penghasilan.

Komponen yang terdapat dalam laporan keuangan fiskal

  • Neraca fiskal
  • Perhitungan laba rugi dan perubahan laba ditahan
  • Penjelasan laporan keuangan fiskal
  • Rekonsiliasi laporan keuangan komersial dan laporan keuangan fiskal
  • Ikhtisar kewajiban pajak

 Perbedaan unsur yang terdapat dalam laporan keuangan fiskal dan komersial

1. Penghasilan dan Pendapatan

Pada laporan keuangan komersial pendapatan (revenue) dan penghasilan (income) dibedakan dan keduanya terdapat dalam laporan keuangan. Tetapi dalam laporan keuangan fiskal pendapatan dan penghasilan adalah hal yang sama, hanya saja pada metode ini pendapat/penghasilan dibedakan menjadi tiga bagian yaitu:

  • Penghasilan yang merupakan objek pajak penghasilan
  • Penghasilan yang merupakan objek pajak penghasilan final
  • Penghasilan yang bukan objek pajak penghasilan

2. Biaya dan beban

Pada laporan keuangan komersial beban dan biaya adalah hal yang berbeda pada manfaat ekonomi untuk masa mendatang. Sedangkan pada laporan keuangan fiskal beban adalah biaya yang berhubungan dengan perolehan penghasilan. Pada akuntansi fiskal ada dua macam biaya yaitu:

  • biaya yang boleh dikurangkan dari penghasilan bruto (deductible expense)  
  • biaya yang tidak dapat dikurangkan dari penghasilan bruto (non deductible expense)

3. Metode penyusutan

Metode penyusunan yang biasa digunakan dalam laporan keuangan komersial ada tiga macam yaitu, metode garis lurus, metode saldo menurun, dan metode jumlah unit. Sedangkan dalam laporan keuangan fiskal metode penyusunan yang digunakan hanya metode garis lurus dan metode saldo menurun yang digunakan secara konsisten.

4. Persediaan

Metode perhitungan persediaan yang biasa digunakan dalam laporan keuangan komersial adalah metode FIFO (First In First Out), metode rata-rata (Weigth Average Cost Method) dan LIFO (Last In First Out). Sedangkan dalam metode laporan keuangan fiskal metode perhitungan persediaan yang digunakan hanya FIFO dan metode rata-rata. Metode LIFO tidak digunakan karena nilai pajak terutang menjadi lebih kecil.

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

The post Laporan Keuangan Komersial dan Fiskal appeared first on SNI Consulting.

]]>
https://sniconsulting.co.id/2022/03/16/laporan-keuangan-komersial-dan-fiskal/feed/ 0
Sudah Berhenti Kerja, Apakah Tetap Harus Lapor SPT? https://sniconsulting.co.id/2022/02/22/sudah-berhenti-kerja-apakah-tetap-harus-lapor-spt/ https://sniconsulting.co.id/2022/02/22/sudah-berhenti-kerja-apakah-tetap-harus-lapor-spt/#respond Tue, 22 Feb 2022 06:51:28 +0000 https://sniconsulting.co.id/?p=41563 Pada saat sekarang ini setiap karyawan diwajibkan untuk memiliki NPWP. Adanya NPWP maka kewajiban untuk melaporkan SPT Pribadi (OP) harus dijalankan. Tapi bagaimana jika situasinya kita sudah tidak bekerja lagi sehingga tidak punya penghasilan. Apakah kewajiban melaporkan pajak tetap harus dilakukan? Perlu diingat bahwa penetapan pajak orang pribadi adalah ketika seseorang bekerja dan memiliki penghasilan

The post Sudah Berhenti Kerja, Apakah Tetap Harus Lapor SPT? appeared first on SNI Consulting.

]]>
Pada saat sekarang ini setiap karyawan diwajibkan untuk memiliki NPWP. Adanya NPWP maka kewajiban untuk melaporkan SPT Pribadi (OP) harus dijalankan. Tapi bagaimana jika situasinya kita sudah tidak bekerja lagi sehingga tidak punya penghasilan. Apakah kewajiban melaporkan pajak tetap harus dilakukan? Perlu diingat bahwa penetapan pajak orang pribadi adalah ketika seseorang bekerja dan memiliki penghasilan sendiri.

Kewajiban melaporkan SPT Pribadi (OP) tetap harus dilakukan selama NPWP masih aktif. Jadi walaupun sudah tidak bekerja tetapi NPWP masih dalam status aktif maka SPT pribadi tetap harus dilaporkan. Jika memang sudah tidak memiliki penghasilan maka pajak yang dilaporkan adalah nihil dan wajib pajak dapat menggunakan formulir 1770 atau 1770SS.

Agar kewajiban melaporkan NPWP dapat di nonaktifkan maka kita dapat mengajukan permohonan penetapan wajib pajak nonefektif              (NE) melalui kring pajak dengan beberapa kriteria. Wajib Pajak Nonefektif (NE) adalah wajib pajak yang tidak memiliki persyaratan secara subjektif dan atau objektif namun belum dilakukan penghapusan NPWP.

Apa saja kriteria agar dapat menjadi wajib pajak nonefektif?

  1. Wajib pajak yang tidak bekerja/tidak melakukan kegiatan usaha
  2. Wajib pajak yang penghasilannya dibawah penghasilan tidak kena pajak (PTKP)
  3. Wajib pajak yang penghasilannya dibawah PTKP dan masih membutuhkan NPWP untuk syarat administratif seperti mencari pekerjaan dan lainnya

Kriteria agar NPWP dihapus

  1. Wajib pajak telah meninggal dunia dan dibuktikan dengan akta kematian
  2. Wajib pajak pindah kewarganegaraan
  3. Wajib pajak yang menikah dan tidak bekerja lagi

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

The post Sudah Berhenti Kerja, Apakah Tetap Harus Lapor SPT? appeared first on SNI Consulting.

]]>
https://sniconsulting.co.id/2022/02/22/sudah-berhenti-kerja-apakah-tetap-harus-lapor-spt/feed/ 0
Tax Amnesty dan Sunset Policy, apa bedanya? https://sniconsulting.co.id/2022/02/18/tax-amnesty-dan-sunset-policy-apa-bedanya/ https://sniconsulting.co.id/2022/02/18/tax-amnesty-dan-sunset-policy-apa-bedanya/#respond Fri, 18 Feb 2022 07:11:03 +0000 https://sniconsulting.co.id/?p=41557 Tax amnesty/pengampunan pajak adalah penghapusan pajak yang seharusnya dibayarkan dengan cara mengungkapkan dan membayar uang tebusan pajak atas harta yang selama ini tidak dilaporkan. Contohnya adalah ketia wajib pajak tidak melaporkan hartanya secara perpajakan maka dengan tax amnesty ia dapat melaporkan dan membayarkan pajak atas harta tersebut tetapi tidak membayarkan denda. sunset policy adalah fasilitas

The post Tax Amnesty dan Sunset Policy, apa bedanya? appeared first on SNI Consulting.

]]>
Tax amnesty/pengampunan pajak adalah penghapusan pajak yang seharusnya dibayarkan dengan cara mengungkapkan dan membayar uang tebusan pajak atas harta yang selama ini tidak dilaporkan. Contohnya adalah ketia wajib pajak tidak melaporkan hartanya secara perpajakan maka dengan tax amnesty ia dapat melaporkan dan membayarkan pajak atas harta tersebut tetapi tidak membayarkan denda.

sunset policy adalah fasilitas untuk menghapuskan sanksi administrasi dalam bentuk bunga atas pelunasan kekurangan pajak yang dinyatakan lambat untuk dibayarkan. Contohnya Ketika wajib pajak melakukan pembetulan atas SPT Tahunan dan diketahui kurang bayar maka pemerintah akan menghapuskan kekurangan tersebut.


Tax amnesty ini pernah dilakukan pada tahun pada tahun 2016 dan pada tahun ini (2022) sedang berlangsung Tax Amnesty jilid II. Sunset policy pernah dilakukan pada tahun 2008. Manfaat dari tax amnesty dan sunset policy secara garis besar hampir sama yaitu meningkatkan penerimaan negara dan meringankan hutang wajib pajak. Selain itu tax amnesty memiliki tujuan untuk menarik “uang” dari wajib pajak yang disinyalir menyimpan kekayaan secara rahasia di negara bebas pajak.

Jika pada tax amnesty wajib pajak mendapatkan jaminan yang kuat untuk tidak diperiksa sedangkan pada sunset policy hanya memberikan penghapusan sanksi pajak jika wajib pajak memperbaiki surat pemberitahuan (SPT).

Pelaksanaan sunset policy pada tahun 2008 dapat dirasakan oleh Wajib pajak dengan kriteria yaitu:

  1. Wajib pajak yang belum memiliki NPWP dan secara sukarela mendaftarkan NPWP serta melaporan SPT tahunan 2007.
  2. Wajib pajak yang telah memiliki NPWP dan ingin melakukan pembetulan Surat Pemberitahuan (SPT) tahun sebelumnya.

Kedua kriteria diatas memperoleh fasilitas berupa penghapusan sanksi administrasi berupa bunga atas keterlambatan atau kurang bayar pajak.

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

The post Tax Amnesty dan Sunset Policy, apa bedanya? appeared first on SNI Consulting.

]]>
https://sniconsulting.co.id/2022/02/18/tax-amnesty-dan-sunset-policy-apa-bedanya/feed/ 0
Startup : Pengertian dan Karakteristik Bisnis https://sniconsulting.co.id/2022/02/02/startup-pengertian-dan-karesteristik-bisnis/ Wed, 02 Feb 2022 08:18:00 +0000 https://sniconsulting.co.id/?p=41531 Startup merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti memulai. Jadi bisnis Starup adalah bisnis yang baru saja dirintis atau bisnis yang baru dimulai. Bisnis startup merupakan bisnis yang beberapa tahun ini sering terdengar. Banyak orang yang berpikir bisnis startup itu adalah bisnis yang bergerak dibidang digital dan teknologi. Apa sebenarnya bisnis startup

The post Startup : Pengertian dan Karakteristik Bisnis appeared first on SNI Consulting.

]]>
Startup merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti memulai. Jadi bisnis Starup adalah bisnis yang baru saja dirintis atau bisnis yang baru dimulai. Bisnis startup merupakan bisnis yang beberapa tahun ini sering terdengar. Banyak orang yang berpikir bisnis startup itu adalah bisnis yang bergerak dibidang digital dan teknologi. Apa sebenarnya bisnis startup itu?

Bisnis startup merupakan bisnis yang baru dirintis dan berfokus dalam mengembangkan ide-ide baru yang dapat memberikan solusi dalam permasalahan konsumen. Ide-ide yang dikembangkan mengandalkan teknologi sehingga banyak orang yang berpikir bahwa startup merupakan perusahaan bergerak dibidang teknologi.

Selain itu, banyak ahli yang berpendapat bahwa startup tidak hanya perusahaan baru yang berhubungan dengan teknologi dan dunia maya tetapi juga perusahaan yang dapat berkembang menjadi perusahaan besar secara mandiri tanpa bantuan korporasi yang lebih besar.

Suatu usaha dapat dikategorikan sebagai startup jika memiliki minimal tiga komponen yaitu, pendiri (founder), pemilik dana (investor), dan produk/layanan yang dijual. Ketika memulai startup, pemilik akan merancang ide usaha sematang mungkin dan mencari investor untuk mendanai usaha tersebut. Investor pertama (angel investor) yang berani memberikan dana harus menuntut detail usaha, strategi pasar, target pasar sebelum memutuskan untuk melakukan investasi. Jika ia memutuskan untuk berinvestasi maka ia harus siap menerima dua kemungkinan. Yang pertama bisnis berjalan lancar dan angel investor akan menjadi pemegang saham terbesar. Kemungkinan kedua adalah bisnis hancur dan dana investasi akan hilang begitu saja.

Dalam dunia startup adalah beberapa tingkatan berdasarkan nilai korporasinya

  1. Unicorn                : nilai korporasi melebihi 1 miliar dolar AS
  2. Decacorn             : nilai korporasi melebihi 10 miliar dolar AS
  3. Hectocorn           : nilai korporasi melebihi 100 miliar dolar AS

Perbedaan antara startup dan usaha kecil menengah pada umumnya adalah startup berfokus kepada penyelesaian ide dengan teknologi untuk dapat menjadi perusahaan besar sedangkan usaha kecil menengah tidak memfokuskan bisnisnya menjadi perusahaan besar dan target pasar yang lebih terbatas.

Ada beberapa poin yang membedakan startup dan perusahaan konvensional . Startup merupakan bisnis yang beresiko tinggi karena pertumbuhan perusahaan harus terus dilakukan untuk mencari pasar dan model bisnis yang pas sehingga pada masa awal dana yang dikeluarkan sangat besar, sedangkan perusahaan konvensional biasanya setelah berdiri, perusahaan berusaha untuk memperoleh untung sebesar-besarnya. Pendanaan pada startup biasanya lebih besar diperoleh dari investor sedangkan pemilik hanya mendanai saat merintis saja sedangkan pada perusahaan konvensional pendaan berasal dari pemiliki saja dan selanjutnya dari profit yang diputar.

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

The post Startup : Pengertian dan Karakteristik Bisnis appeared first on SNI Consulting.

]]>
Pemasaran Secara Online https://sniconsulting.co.id/2022/01/18/pemasaran-secara-online/ Tue, 18 Jan 2022 04:05:50 +0000 https://sniconsulting.co.id/?p=41484 Pemasaran secara online lebih banyak diminati pada saat sekarang ini karena beberapa alasan diantaranya, jangkauan yang lebih luas, hemat biaya, mudah diaplikasikan, dan sebagainya. Namun perlu dilakukan beberapa trik agar pasar yang dijangkau tepat sasaran. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar pemasaran online tepat sasaran. Optimalisasi situs web Situs web bisa merupakan sebuah toko

The post Pemasaran Secara Online appeared first on SNI Consulting.

]]>
Pemasaran secara online lebih banyak diminati pada saat sekarang ini karena beberapa alasan diantaranya, jangkauan yang lebih luas, hemat biaya, mudah diaplikasikan, dan sebagainya. Namun perlu dilakukan beberapa trik agar pasar yang dijangkau tepat sasaran. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar pemasaran online tepat sasaran.

  • Optimalisasi situs web

Situs web bisa merupakan sebuah toko bagi pebisnis. Sebagai representativenya bisnis, toko harus dioptimalkan semaksimal mungkin sehingga mudah mudah di jumpai dan diingat oleh pembeli. Optimalisasi situs web dapat dilakukan dengan memperhatikan SEO atau SEM.

  • Konsisten

Konsistensi dalam update aktivitas sangat diperlukan untuk pemasaran online. Konsistensi ini juga memengaruhi SEO toko sehingga konsumen lebih mudah untuk dijangkau. Aktivitas tidak hanya untuk update produk, tetapi juga dapat melakukan interaksi dengan konsumen atau memberikan informasi yang terbaru.

  • Konten yang bervariasi

Pemasaran secara online dapat dilakukan dibanyak platform seperti Instagram, youtube, tiktok, facebook, dll. Pemilihan platform yang sesuai dengan pasar sangat diperlukan dan variasi konten untuk setiap platform harus diperhatikan. Seperti halnya platform facebook yang banyak diminati oleh orang tua dan platform tiktok yang lebih disukai anak muda.

Keuntungan Pemasaran Secara Online

  • Biaya jauh lebih hemat

Biaya yang minim tentu menjadi target bagi pelaku usaha agar keuntungan yang diperoleh lebih besar. Pemasaran secara online tidak hanya memberikan biaya yang lebih sedikit tapi juga dapat dilakukan dengan biaya nol rupiah. Hal yang perlu dilakukan adalah mencari pemasaran yang tepat bagi produk dan melakukan tips diatas.

  • Jangkauan luas

Jangkauan untuk pemasaran online bisa dikatakan tak terbatas karena milyaran orang mengakses internet setiap harinya didunia.

  • Lebih efektif

Saat sekarang, orang-orang cenderung menggunakan internet untuk memenuhi setiap kebutuhan. Sebelum melakukan transaksi seseorang pasti memerlukan beberapa informasi mengenai produk yang ingin dibeli ataupun dengan produk sejenis. Anda dapat melakukan pemasaran produk melalui artikel. Contohnya Anda membahas artikel tentang produk kecantikan lalu Anda memasukan link toko Anda kedalam produk tersebut sehingga orang yang membacanya tertarik untuk membeli.

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

The post Pemasaran Secara Online appeared first on SNI Consulting.

]]>
Bagaimana jika dapat Surat Teguran dari Kantor Pajak https://sniconsulting.co.id/2022/01/06/bagaimana-jika-dapat-surat-teguran-dari-kantor-pajak/ Thu, 06 Jan 2022 03:02:43 +0000 https://sniconsulting.co.id/?p=41444 Bagi wajib pajak yang mendapatkan surat teguran dari kantor pajak pasti akan merasa bingung dan takut pada awalnya karena tidak paham apa yang harus dilakukan dan apa yang akan dihadapi. Padahal surat teguran yang diberikan kantor pajak hanyalah bentuk komunikasi awal antara wajib pajak dan DJP. Surat teguran merupakan sarana berupa dokumen dari DJP untuk

The post Bagaimana jika dapat Surat Teguran dari Kantor Pajak appeared first on SNI Consulting.

]]>
Bagi wajib pajak yang mendapatkan surat teguran dari kantor pajak pasti akan merasa bingung dan takut pada awalnya karena tidak paham apa yang harus dilakukan dan apa yang akan dihadapi. Padahal surat teguran yang diberikan kantor pajak hanyalah bentuk komunikasi awal antara wajib pajak dan DJP. Surat teguran merupakan sarana berupa dokumen dari DJP untuk menginformasikan bahwa ada SPT yang belum dilaporkan.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan jika wajib pajak menerima surat dari DJP

Pertama, silahkan laporkan kewajiban pajak yang belum dilaksanakan seperti SPT tahunan. Kadang kita lupa untuk melaporkan kewajiban pajak sehingga DJP memberikan surat teguran agar kita segera melaporkannya.

Kedua, datang langsung ke KPP. Wajib pajak bisa datang langsung ke KPP terdaftar untuk menyampaiakan klarifikasi atau menanyakan tindakan yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan isi surat teguran tersebut. Surat teguran tidak otomatis menuntut wajib pajak untuk membayar pajak.

Jika wajib pajak sudah tidak bekerja atau tidak memiliki penghasilan maka dapat mengajukan opsi nonefektif (NE) kepada KPP terdaftar. Status ini akan membuat wajib pajak terlepas dari kewajiban perpajakan termasuk kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan.

Ketiga, jika tidak ada waktu untuk pergi ke KPP maka Anda dapat menghubungi KPP melalui telepon yang dapat dicari dalam situs resmi DJP yaitu http://pajak.go.id/id/unit-kerja.

Penerbitan surat teguran merupakan salah satu indikator kerja bagi seorang AR pada setiap unit DJP. Jadi surat teguran merupakan proses yang normal untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Jadi jangan panik dulu jika dapat surat cinta dari DJP ya.

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

The post Bagaimana jika dapat Surat Teguran dari Kantor Pajak appeared first on SNI Consulting.

]]>
Tips Mengatur Keuangan Usaha https://sniconsulting.co.id/2021/12/22/tips-mengatur-keuangan-usaha/ Wed, 22 Dec 2021 03:49:24 +0000 https://sniconsulting.co.id/?p=4484 Tantangan dalam mengatur keuangan suatu bisnis dimulai dari bisnis mulai tumbuh dan berkembang. Jika kita tidak mengatur keuangan dengan baik, bisnis mungkin saja mengalami kerugian. Untuk itu perlu dilakukan pengaturan keuangan dalam usaha. Selain menjaga dari kerugian dan kebangkrutan, mengatur keuangan usaha juga dapat menjaga arus kas usaha. Apa saja langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk

The post Tips Mengatur Keuangan Usaha appeared first on SNI Consulting.

]]>
Tantangan dalam mengatur keuangan suatu bisnis dimulai dari bisnis mulai tumbuh dan berkembang. Jika kita tidak mengatur keuangan dengan baik, bisnis mungkin saja mengalami kerugian. Untuk itu perlu dilakukan pengaturan keuangan dalam usaha. Selain menjaga dari kerugian dan kebangkrutan, mengatur keuangan usaha juga dapat menjaga arus kas usaha.

Apa saja langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatur keuangan usaha? Berikut kami berikat tips untuk mengatur keuangan usaha.

  • Melakukan pencatatan biaya secara detail

Pencatatan uang masuk dan uang keluar harus dilakukan walaupun dalam nominal yang kecil. Bukti pembayaran atau bukti penagihan invoice harus disimpan. Hal ini bertujuan agar mudah untuk diselidiki jika suatu saat terjadi kesalahan.

  • Perencanaan biaya dalam satu periode

Perencanaan ini dapat dilakukan diawal bulan dengan mencatat semua kemungkinan biaya yang perlu dikeluarkan dalam periode tersebut. Suatu perusahaan terkadang memiliki jadwal arus uang keluar 2 kali atau 3 kali dalam sebulan seperti setiap tanggal 5 dan tanggal 25 atau tanggal 5, 15, dan 25. Hal ini bertujuan agar pembayaran faktur/tagihan tidak terlewatkan dan arus uang keluar lebih terencana. Biaya tersebut dapat berupa gaji karyawan, listrik, dll. Sehingga kita dapat melihat proyeksi uang keluar.

  • Tidak menunda pekerjaan

Jika ada pengiriman barang maka segera kirimkan faktur penjualannya. Begitu juga jika ada tagihan yang masuk sebisa mungkin segera di proses. Hal ini bertujuan agar tagihan yang jatuh tempo tidak dalam periode yang bersamaan sehingga arus uang keluar menjadi membengkak.

  • Akun pribadi bukan akun usaha

Pendapatan usaha bukanlah milik pribadi walaupun Anda berstatus sebagai pemilik usaha. Memisahkan uang usaha dan uang pribadi merupakan hal yang wajib dilakukan diawal usaha. Hal ini dilakukan untuk mempermudah melacak arus kas usaha.

  • Siapkan dana darurat

Dana darurat perlu disiapkan agar bisnis tetap dapat dijalankan walaupun dalam kondisi yang sulit. Dana ini dapat disisihkan dari penghasilan yang diterima. Jangan menggunakan dana darurat kecuali memang dalam kondisi yang sangar genting.

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

The post Tips Mengatur Keuangan Usaha appeared first on SNI Consulting.

]]>
2022: Wajib Lapor Omzet bagi UMKM https://sniconsulting.co.id/2021/12/09/2022-wajib-lapor-omzet-bagi-umkm/ Thu, 09 Dec 2021 05:47:05 +0000 https://sniconsulting.co.id/?p=4426 Mekanisme pelaporan omzet bagi pelaku UMKM sedang dirancang pemerintah dalam bentuk Peraturan Mentreri Keuangan (PMK) menjelang berlakunya Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan UU No. 7/2021. Peraturan ini rencananya akan mulai dilaksanakan tahun 2022. Jika selama ini UMKM hanya perlu membayarkan Pajak PPh Final (PP No. 23) tanpa harus melaporkan maka untuk tahun berikutnya UMKM wajib melaporkan

The post 2022: Wajib Lapor Omzet bagi UMKM appeared first on SNI Consulting.

]]>
Mekanisme pelaporan omzet bagi pelaku UMKM sedang dirancang pemerintah dalam bentuk Peraturan Mentreri Keuangan (PMK) menjelang berlakunya Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan UU No. 7/2021. Peraturan ini rencananya akan mulai dilaksanakan tahun 2022.

Jika selama ini UMKM hanya perlu membayarkan Pajak PPh Final (PP No. 23) tanpa harus melaporkan maka untuk tahun berikutnya UMKM wajib melaporkan omzet. Wajib pajak dengan omzet dibawah 500 juta juga wajib melaporkan omzet berdasarkan ketentuan terbaru ini.

Adanya peraturan tersebut membuat wajib pajak orang pribadi UMKM dengan omzet dibawah 500 juta per tahun tidak wajib membayar PPh Final UMKM 0.5%. Peraturan ini tentunya memberikan keuntungan bagi pelaku UMKM dan merupakan bentuk dukungan pemerintah bagi pelaku UMKM.

Jika omzet pajak melebihi 500 juta per tahun maka perhitungan PPh Final berdasarkan kelebihan omzet tersebut. Contohnya jika wajib pajak orang pribadi memiliki omzet 700 juta pertahun maka perhitungan PPh finalnya adalah:

PPh Final              =  0.5% x (omzet yang diperoleh – batas bayar omzet)

                                = 0.5% x (700 juta- 500 juta)

                                = 0.5% x 200 juta

                                = 1 juta

Jadi wajib pajak hanya perlu membayar PPh Final sebesar Rp 1.000.000 jika memperoleh omzet sebesar Rp700.000.000

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

The post 2022: Wajib Lapor Omzet bagi UMKM appeared first on SNI Consulting.

]]>
Pengertian Aktiva Lancar https://sniconsulting.co.id/2021/12/01/pengertian-aktiva-lancar/ Wed, 01 Dec 2021 07:06:41 +0000 https://sniconsulting.co.id/?p=4399 Menurut otoritas jasa keuangan aktiva lancar (current asset) adalah aktiva dalam bentuk uang tunai atau barang berharga lain yang sewaktu-waktu dengan mudah dapat dijadikan uang tunai. Jadi aktiva lancar atau dikenal juga dengan istilah aset lancar merupakan jenis aset yang mudah untuk dicairkan dengan jangka waktu kurang dari satu tahun. Aset merupakan komponen yang penting

The post Pengertian Aktiva Lancar appeared first on SNI Consulting.

]]>
Menurut otoritas jasa keuangan aktiva lancar (current asset) adalah aktiva dalam bentuk uang tunai atau barang berharga lain yang sewaktu-waktu dengan mudah dapat dijadikan uang tunai. Jadi aktiva lancar atau dikenal juga dengan istilah aset lancar merupakan jenis aset yang mudah untuk dicairkan dengan jangka waktu kurang dari satu tahun. Aset merupakan komponen yang penting dalam laporan keuangan bagi seorang investor. Jika aset suatu perusahaan bertambah setiap tahunnya maka perusahaan tersebut layak untuk diberi investasi.

Ciri-ciri Aktiva Lancar

  • Dapat disimpan untuk nantinya diperjual belikan
  • Dapat diperjualan belikan dalam kurun waktu singkat (kurang dari 12 bulan)
  • Pencairan dana relatif singkat
  • Biasanya berbentuk uang tunai

Contoh Aktiva Lancar:

  • Uang tunai

Uang tunai baik dalam bentuk kas atau dalam bentuk uang dalam rekening bank cenderung mudah untuk diambil tanpa harus menunggu tanggal tertentu untuk dicairkan

  • Surat berharga

Surat berharga dapat berupa obligasi, saham, deposito, dan surat berharga lainnya yang dapat dijual dan dananyadapat cair dalam kurun waktu yang relatif singkat

  • Piutang

Piutang bisa dikatakan sebagai uang yang belum tertagih ke pelanggan. Piutang biasanya dibayar sebelum tanggal jatuh tempo yang telah disepakati oleh kedua bewla pihak.

  • Persediaan

Persediaan barang termasuk ke dalam aktiva lancar karena jika barang tersebut dijual maka hasil penjualan akan mengisi kas perusahaan.

  • Biaya dibayar dimuka

Biaya ini dimasukan kedalam aktiva lancar karena tidak membebani kas perusahaan berjalan ataupun di akhir periode. Contoh dari biaya dibayar dimuka adalah premi asuransi, ATK dan lainya.

Jika Anda ingin mencari informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami mengenai seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

The post Pengertian Aktiva Lancar appeared first on SNI Consulting.

]]>