Memahami Content Marketing, Bentuk Serta Alasan di Terapkannya

\"\"

Hello Sahabat UKM, sudah mengenal berlum apa itu content marketing? Pada dunia bisnis tidak asing lagi dengan yang namanya content marketing apalagi pada usaha online, konten menjadi hal yang sangat penting dalam dunia marketing online. Konten merupakan sebuah media yang dapat menyampaikan sebuah pesan kepada audiens. Mari kita simak lebih dalam mengenai content marketing, bentuk serta alasan mengapa harus diterapkankannya teknik content marketing.

Apa itu Content Marketing

Content marketing merupakan teknik marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting, dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan menjadikan mereka sebagai konsumen. Pada content marketing terdapat dua elemen penting yaitu:

1. Elemen pertama yaitu konten yang ingin Anda buat harus memenuhi tiga syarat, yaitu penting, relevan, dan konsisten hal ini dilakukan agar Anda tidak sembarangan dalam membuat konten untuk content marketing. Konten yang ingin Anda buat harus memenuhi tiga syarat tersebut, agar konten yang Anda buat relevan dengan bisnis Anda.

Tetapi relevan saja tidak cukup, sebelum membuat konten Anda harus mempertimbangkan apakah konten itu penting atau tidak untuk diketahui para audiens. Jika menurut Anda konten yang Anda buat itu penting untuk diketahui oleh para audiens, maka langkah berikutnya yaitu membuat skala prioritas yang berisikan topik – topik yang relevan untuk target audiens. Yang terakhir yaitu konten yang Anda buat harus konsisten, dalam content marketing Anda tidak dapat mengandalkan hanya pada satu konten saja untuk menarik perhatian audiens. Tetapi diperlukan banyak konten agar Anda dapat merasakan manfaat dari content marketing untuk bisnis Anda.

2. Pada elemen kedua dalam content marketing ini yaitu mencapai tujuan untuk mengonversi audiens menjadi konsumen. Yang perlu Anda tau bahwa ingin memproduksi konten untuk content marketing bukan hanya sekedar untuk menghibur audiens saja, tetapi juga ada tujuan yang harus dicapai, yaitu untuk mengonversi audiens menjadi pelanggan dengan begitu setelah audiens melihat konten yang Anda buat maka para audiens tergerak untuk membeli produk atau layanan yang Anda jual.

Bentuk Content Marketing

Bentuk dari content marketing sangat beragam, ada beberapa dari ragam content marketing tersebut yang paling sering digunakan. Berikut content marketing yang paling sering digunakan.

  • Blog

Dalam content marketing blog merupakan bentuk paling fundamental dan paling penting dalam content marketing. Dengan menggunakan blog sebagai media memungkinkan Anda menuangkan ide dan informasi secara lengkap dalam satu artikel. Konten blog ini merupakan jenis konten yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis konten lainnya.

  • Ebook

Ebook merupakan salah satu bentuk content marketing yang dapat Anda andalkan. Dengan menggunakan ebook Anda dapat membuat syarat agar para pengunjung dapat mengisi email mereka terlebih dahulu sebeluim mengunduh ebook Anda. Jika Anda bisa mendapatkan leads melalui ebook maka Anda dapat mengkonversi dari ebook tersebut menjadi sebuah konten untuk menarik konsumen di masa mendatang.

  • Video

Video juga menjadi salah satu jenis konten yang harus Anda perhatikan dalam content marketing. Hal ini dikarenakan semakin lama pengunjung menghabiskan waktu lama diblog Anda maka semakin bagus pula nilai yang dapat nilai yang akan Anda dapatkan di Google.

  • Email

Menggunakan email juga termasuk kedalam content marketing yang tidak kalah populer. Efektivitas email untuk tujuan marketing dinilai sangat tinggi yaitu lebih tinggi dari Facebook dan Twitter. Bentuk dari konten melalui email marketing ini juga sanagt beragam dari email promosi, email pengingat shopping cart, newsletter, sampai promosi ebook.

  • Social Media

Social media juga termasuk kedalam bagian dari content marketing banyak sekali konten yang dapat Anda sebarkan melalui media sosial seperti pada Instagram dan Facebook banyak sekali peluang yang bisa Anda dapatkan dari sosial media tersebut. Dapat dilihat dari banyaknya penggunaan sosial tersebut, kemungkinan besar banyak sekali audiens yang tergerak untuk membeli produk yang Anda jual setelah melihat konten Anda.

Pentingnya Content Markting Untuk Bisnis

Sebenarnya dalam dunia bisnis teknik content marketing bukanlah hal baru, penerapan content marketing ini bukan tanpa alasan. Jika teknik marketing sudah terbukti efektivitasnya, maka semakin banyak juga orang yang akan menerapkan teknik tersebut. Ada beberapa alasan mengapa content marketing banyak sekali digunakn oleh perushaan besar dan para pengusaha bisnis lainnya, berikut alasan – alasan diterapkannya content marketing.

  1. Investasi Jangka Panjang

Content marketing ini dapat bertahan untuk jangka panjang berbeda dengan ads atau iklan ysng hanya dijalankan untuk waktu tertentu saja, content marketing ini dapat bertahan sampai bertahun – tahun selama konten yang Anda buat masih relevan. Anda juga harus terus mengupdate konten Anda untuk menyeseuaikan dengan perkembangan tren.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan memproduksi konten artinya Anda memberikan topik untuk audiens bicarakan. Maksdunya disini yaitu Anda harus membuat konten sesuai dengan apa yang banyak dicari oleh para audiens, contohnya seperti teman Anda menanyakan bagaimana cara membuat website, dengan begitu Anda dapat membagikan link blog yang berisikan tata cara membuat website tersebut. Dengan begitu teman Anda akan melihat dan mencari informasi lain diblog tersebut.

3. Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

Selain membuat konten untuk menarik audiens membeli produk yang Anda jual, manfaat dari content marketing ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Biasnaya sebelum menentukan pilihan para pelanggan biasanya melalukan riset online terlebih dahulu.

Dengan content marketing, Anda bisa lebih meyakinan konsumen, dengan begitu para komsumen dapat lebih mudah menemukan konten – konten berkualitas yang Anda buat dan itu akan membuat bisnis Anda berada dalam mesin pencarian.

4. Meningkatkan Trafik

Dengan adanya trafik ini manfaat yang dapat dirasakan yaitu dapat mengantarkan orang – orang untuk mengunjungi website Anda. Pada website tersebut pengunjung dapat memperoleh informasi lengkap mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan.

5. Memperbaiki Kualitas SEO

Konten merupakan ujung tombak bagi SEO, dengan Anda membuat konten – konten yang bagus, Anda dapat mengajak orang – orang untuk mereferensikan konten Anda. Semakin banyaknya pengunjung diwebsite Anda, maka website Anda akan mendapatkan penilaian dari Google dan menjadi website yang penting dan terpercaya. Dengan begitu Google akan lebih paham dengan bisnis Anda sehingga Google akan lebih sering memunculkan website Anda dengan kata kunci yang relevan.

6. Konversi Pelanggan

Selain dapat meningkatkan trafik manfaat dari content marketing juga dapat berfungsi untuk mengonversi pengunjung menjadi pelanggan.

Itulah pembahasan tentang content marketing, bentuk – bentuk content marketing, dan alasan mengapa harus diterapkannya content marketing tersebut.  Content marketing merupakan teknik yang harus diterapkan oleh pemilik bisnis manapun. Pada teknik marketing ini tidak hanya memiliki efektivitas tinggi saja untuk menarik konsumen, tetapi teknik ini juga dapat bertahan untuk jangka waktu yang panjang.

Jika Anda menginginkan informasi lain seputar perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini. Anda juga dapat berkonsultasi dnegan kami mengenai perpajakan, keuangan, dan bisnis Anda dapat klik disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top