Fungsi Dan Tujuan Dari Pembuatan Neraca Saldo Bagi Perusahaan

Apakah kalian sudah tahu apa itu Neraca Saldo dan apa fungsi dan tujuan dari neraca saldo tersebut? Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai neraca saldo  mari kita pahami dahulu apa itu neraca saldo.

Pengertian Neraca Saldo

Neraca saldo merupakan suatu daftar yang berisikan seluruh jenis nama akun beserta saldo total dari setiap akun, neraca saldo biasanya mempunyai  beberapa kolom utama yang digunakna dalam melakukan suatu pendataan. Kolom – kolom yang terdapat pada neraca saldo sangat penting pada kolom neraca saldo antara lain yaitu kolom neraca itu sendiri, kolom harga pokok produksi, kolom perkiraan besar kecilnya keuntungan atau kerugian dari suatu transaksi dan kolom pembelian serta penjualan.

Secara ringkas neraca saldo disusun setelah melakukan penyusunan buku besar, dalam pembuatan neraca saldo akun pada neraca saldo harus dibuat secara sistematis (sesuai dengan kode akun).

Bentuk Neraca Saldo

Biasa neraca saldo memiliki 4 kolom utama yaitu kolom kode (nomor) akun, kolom nama akun (keterangan), kolom debet dan kredit seperti gambar berikut i

\"\"

Keterangan

  • Kolom Nomor Akun

Kolom ini berisikan tentang nomor/kode dari setiap akun yang terdapat dalam buku besar perusahaan yang dimasukan secara sistematis mulai dari kode yang menunjukan akun harta sampai kode 4 yang menunjukan akun beban.

  • Kolom Nama Akun

Pada kolom ini berisikan nama – nama akun yang tercantum dalam buku besar perusahaan. untuk mengisi nama akun ini yaitu diurutkan berdasarkan golongan akun harta, golongan hutang, akun modal, akun pendapatan dan akun beban.

  • Kolom Debit

Diisi sesuai dengan yang sudah tercatat dalam buku besar.

  • Kolom kredit

Dalam kolom ini berisikan total saldo kredit yang sudah ada dalam buku besar.

Manfaat Neraca Saldo

Manfaat dari pembuatan neraca saldo bagi perusahan yaitu:

  1. Lebih memudahkan suatu
    perusahaan mengecek kebenaran buku besar yang telah dibuat, maka jumlah total
    angka kolom debit dan kredit yang ada pada buku besar akan dimasukan dalam neraca
    saldo untuk memastikan bahwa saldo balance(sama).
  2. Pada penyusunan neraca saldo
    ini dapat dianggap sebagai pembuatan kertas kerja (neraca jalur) dan sebagai
    dasar penyusunan laporan keuangan bagi perusahaan.

Tujuan dan Fungsi Neraca Saldo

Neraca saldo berfungsi untuk mendeteksi setiap kesalah yang dapat terjadi dalamn sistem akuntansi double-entry yaitu pembukuan berpasangan. Dalam pembuatan neraca saldo ini tidak berarti tidak ada kesalahan dalam suatu sistem akuntansi perusahaan, adakalanya dalam neraca saldo ini jug adapat terjadi kesalahan misalnya transaksi yang diklasifikasikan tidak benar atau hilang dari sistem dan masih ada kemungkinan kesalahan dalam materi yang tidak terdeteksi oleh prosedur dalam pembuatan neraca saldo.

Tujuan umum dari neraca saldo ini yaitu untuk memastikan entri dalam suatu sistem pembukuan perusahaan yang dibuat secara matematis.

Fungsi Neraca Saldo antara lain

  • Fungsi Persiapan

Mempersiapkan laporan akhir keuangan pada suatu perusahaan baik perusahaan jasa ataupun barang.

  • Fungsi Pencatatan

Pencatatn ini merupakan hal yang paling penting dalam akuntansi untuk penyajian data pada suatu perusahaan baik perusahaan jasa ataupun barang.

  • Fungsi Koreksi

Berguna sebagai bahan evaluasi sebelum pembuatannya hal yang lebih dulu dilakukan yaitu melakukan koreksi terhadap seluruh catatan serta siklus akuntansi. Inilah yang dimaksud dengan fungsi koreksi dari neraca saldo.

  • Fungsi Monitoring

Berfungsi sebagai informasi yang dapat dimonitoring dalam perusahaan baik perusahaan jasa ataupun barang.

Tahapan Menyiapkan Neraca Saldo

  1. Mencatat semua transaksi kedalam buku jurnal
  2. Memindahkan transaksi kedalam buku besar
  3. Menyusun neraca saldo
  4. Membuat ayat-ayat penyesuaian
  5. Memposting ayat-ayat penyesuaian ke buku besar.
  6. Menyusun neraca saldo setelah penyesuaian.
  7. Membuat laporan keuangan.
  8. Membuat jurnal penutup.

Jika masih membutuhan informasi atau suport profesional tentang layanan jasa pembukuan dan akuntansi profesional, team SNI Consulting akan sangat senang mambantu perusahaan anda terkait akuntansi pembukuan dan perpajakan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top